![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjl6mo05bMgofhtNMD_vWRF-tc-GDYrtqgse_0M1J63PmQUaqffEMUaRL2wjg2W-I7ZP3Zhf4iazrRZvBCu9dDH9kAtrZ1ghQ5oN0NJBq86g5f-rsR3YwEJvl614n1r3ubdMRmNI3sfGEE/s320/Logo-LPDB-HiRes.jpg)
Dalam rangka mengoptimalkan pengelolaan dana bergulir, Kementerian Koperasi dan UKM membentuk Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM)
yang bertugas melaksanakan pengelolaan dana bergulir untuk pembiayaan
KUMKM antara lain berupa pinjaman dan bentuk pembiayaan lainnya yang
sesuai dengan kebutuhan KUMKM, dimana ketentuan mengenai kriteria KUMKM
di tetapkan oleh LPDB-KUMKM.
Sebelum dibentuknya LPDB-KUMKM,
pengelolaan Dana Bergulir untuk Koperasi dan UMKM dilaksanakan oleh
Deputi-deputi lingkungan Kementerian Koperasi dan UKM.
LPDB-KUMKM
dibentuk dengan Surat Keputusan Menteri Negara Koperasi dan UKM
Republik Indonesia Nomor 19.4/Per/M.KUMKM/VIII/2006 tanggal 18 Agustus
2006 sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Menteri Negara Koperasi
dan UKM Republik Indonesia Nomor 11/Per/M.KUKM/VI/2008 tanggal 26 Juni
2008 tentang Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Pengelola Dana Bergulir
Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menegah
Sesuai dengan
Keputusan Menteri Keuangan Nomor KEP-292/MK.5/2006 Tanggal 28 Desember
2006 LPDB-KUMKM ditetapkan sebagai instasi pemerintah yang menerapkan
Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (PPK-BLU).
Dengan
dibentuknya LPDB-KUMKM diharapkan pengelolaan dana bergulir dapat
dilaksanakan dengan sebaik-baiknya untuk mencapai tujuan dan
menghasilkan manfaat berkelanjutan atas penyaluran dana bergulir kepada
Koperasi dan UMKM.
Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) membutuhkan pegawai BLU dengan status Non PNS yang akan direkrut dari Putera dan Puteri terbaik Indonesia yang memiliki idealisme, jujur dan berdedikasi tinggi untuk duduk dalam beberapa posisi dengan kriteria sebagai berikut :
A. KRITERIA UMUM
- Pendidikan Minimal S1
- Berpengalaman kerja minimal 2 (dua) tahun;
- Memiliki integritas, jujur dan dedikasi tinggi;
- Diutamakan mampu berbahasa Inggris (lisan/tulisan);
- Memiliki kemampuan dalam mengoperasikan aplikasi komputer minimal MS Windows;
- Inovatif dan kreatif;
- Usia maksimal 30 tahun; dan
- IPK minimal 2,50 untuk Perguruan Tinggi Negeri dan 2,75 untuk Perguruan Tinggi Swasta (Skala 4.00).
B. KRITERIA KHUSUS
- Staf Bisnis
- Diutamakan memiliki latar belakang pendidikan dibidang ekonomi atau teknik;
- Diutamakan berpengalaman kerja sebagai Account Officer;
- Memahami konsep dan mekanisme dalam penyaluran dana kredit serta pinjaman/pembiayaan baik konvensional/syariah; dan
- Mampu bekerja dalam tim maupun bekerja dengan target individual.
- Staf Analisa Risiko
- Diutamakan memiliki latar belakang pendidikan dibidang ekonomi;
- Diutamakan berpengalaman kerja sebagai Analis Risiko;
- Memahami konsep Risk Management dan penerapannya; dan
- Memiliki pemahaman mengenai aspek-aspek keuangan konvensional dan aspek-aspek keuangan syariah.
- Staf Penanganan Piutang Bermasalah
- Diutamakan memiliki latar belakang pendidikan dibidang ekonomi atau statistika atau hukum;
- Diutamakan berpengalaman kerja di bidang Penanganan Piutang Bermasalah (Collection); dan
- Memiliki kemampuan dalam menangani, mengevaluasi terkait piutang bermasalah.
- Staf Monitoring dan Evaluasi
- Diutamakan memiliki latar belakang pendidikan dibidang ekonomi atau akuntansi atau perbankan;
- Diutamakan berpengalaman kerja di bidang monitoring dan evaluasi pinjaman;
- Memiliki kemampuan dalam menyusun dan mengambil tindakan yang berkaitan dengan pengawasan, monitoring dan evaluasi;
- Memahami konsep Risk Management dan penerapannya; dan
- Memiliki kemampuan dalam analisis data.
- Staf Pengkajian dan Pengembangan
- Diutamakan memiliki latar belakang pendidikan dibidang ekonomi atau statistika atau sosial ekonomi atau sosiologi;
- Diutamakan berpengalaman kerja di bidang pengkajian, dan penelitian; dan
- Memiliki kemampuan dalam melakukan penelitian, pengkajian dan pengembangan khususnya di bidang KUMKM.
- Staf Sistem dan Layanan Informasi
- Diutamakan memiliki latar belakang pendidikan di bidang komputer;
- Diutamakan berpengalaman kerja dalam mengelola database dan atau sebagai system analis;
- Mengerti konsep relational databasekonsep keamanan database, basa
SQL, database MySQL/PostgreSQL/SQLite dan ORACLE, data modeling dan
optimasi, dan konsep manajemen proyek;
- Mampu mendisain database, melakukan backup/restore database;
- Mengerti konsep UML, pembangunan/pengembangan sistim informasi
(Waterfall, XP, SCRUM, dll), bahasa pemrograman (desktop base, web
base);
- Mampu menerjemahkan kebutuhan user ke dalam bahasa dan spesifikasi
teknis yang jelas dan berkomunikasi dengan baik terhadap user dan
programmer;
- Memahami ERD, LRS, Clas Diagram dan Normalisasi; dan
- Diutamakan memiliki sertifikasi MCDBA/OCP dan atau sertifikasi PMP/MCSD
- Staf Teknologi Informasi
- Diutamakan memiliki latar belakang pendidikan di bidang komputer;
- Diutamakan berpengalaman kerja dalam mengelola server berbasis Linux dan Windows Server dan atau mengelola firewall;
- Mampu menginstall dan mengkonfigurasi DNS server (Bind, PowerDNS), web server (Apache, Nginx), email server (Postfix, Zimbra);
- Mengerti konsep Firewall (iptables), virtual server (VMware,
Proxmox), database (MySQL dan atau Oracle), konsep keamanan jaringan dan
atau server, konsep ethical hacking;
- Menguasai perangkat router (Mikrotik, Cisco dan PC router), firewall berbasiskan mesin (Cisco ASA/Fortinet/Junifer, dll);
- Terbiasa dengan tools security (Kali Linux, port scanner, dll); dan
- Diutamakan memiliki sertifikasi VCP/RHCE/MCP/MCSE/MCSA dan atau sertifikasi CCNA/CCNP/CEH/CISSP/CCSA.
- Staf Tata Laksana Anggaran
- Diutamakan memiliki latar belakang pendidikan dibidang ekonomi;
- Diutamakan berpengalaman kerja di bidang keuangan dan akunting;
- Memiliki kemampuan dalam perencanaan keuangan;
- Memiliki kemampuan analisa yang baik; dan
- Memiliki pemahaman yang baik terkait ketentuan pajak (diutamakan bersertifikat Brevet A dan B).
- Staf Penatausahaan Dana Bergulir
- Diutamakan memiliki latar belakang pendidikan dibidang ekonomi atau administrasi negara;
- Diutamakan berpengalaman kerja di bidang keuangan;
- Diutamakan berpengalaman kerja di bidang;
- Memiliki kemampuan analisa yang baik; dan
- Memiliki kemampuan dalam perencanaan keuangan.
- Staf Satuan Pemeriksaan Intern
- Diutamakan memiliki latar belakang pendidikan dibidang ekonomi;
- Diutamakan berpengalaman kerja di bidang audit/pemeriksaan;
- Memiliki kemampuan dan skill dalam proses audit;
- Memahami implementasi akuntansi forensik; dan
- Memahami System Computer Audit Software (CAS) atau Generalized Audit Software (GAS); dan
- Memiliki pengetahuan dan kemampuan dalam bidang peraturan akuntansi dan perpajakan.
- Staf Perencanaan
- Diutamakan memiliki latar belakang pendidikan dibidang matematika atau statistika;
- Diutamakan berpengalaman kerja di bidang budgeting;
- Memiliki kemampuan dalam analisa data;
- Mempunyai kemampuan dan pemahaman mengenai perencanaan yang berorientasi bisnis;
- Mempunyai pengetahuan di bidang perencanaan dan memahami salah satu metode perencanaan; dan
- Diutamakan mempunyai pemahaman mengenai Rencana Bisnis dan Anggaran
(RBA) dan Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian/Lembaga (RKA-KL).
- Staf Sumber Daya Manusia
- Diutamakan memiliki latar belakang pendidikan dibidang ekonomi (akuntansi) atau hukum;
- Diutamakan berpengalaman kerja di bidang Human Resources;
- Memiliki pemahaman yang baik terkait ketentuan pajak (diutamakan bersertifikat Brevet A dan B); dan
- Mampu bekerja dengan tim.
- Staf Tata Usaha
- Diutamakan memiliki latar belakang pendidikan dibidang administrasi negara atau administrasi publik atau sosial;
- Diutamakan berpengalaman kerja di bidang pengelolaan surat; dan
- Memiliki kemampuan dalam korespondensi.
- Sekretaris Direksi
- Diutamakan memiliki latar belakang pendidikan dibidang sekretaris;
- Diutamakan berpengalaman kerja sebagai sekretaris;
- Memiliki kemampuan komunikasi, korespondensi dan filling; dan
- Berpenampilan luwes dan menarik.
- Staf Hukum
- Diutamakan memiliki latar belakang pendidikan dibidang hukum;
- Diutamakan berpengalaman kerja di bidang hukum; dan
- Memiliki kemampuan dan pengetahuan dalam menganalisa suatu persoalan/kasus hukum.
- Staf Humas
- Diutamakan memiliki latar belakang pendidikan dibidang Administrasi Negara atau Design (Grafis, Fotografi, Interior);
- Diutamakan berpengalaman kerja di bidang kehumasan atau Event Organizer;
- Memiliki kemampuan dalam komunikasi yang efektif;
- Memiliki kemampuan untuk membangun image perusahaan melalui aktivitas hubungan masyarakat; dan
- Menguasai program Photoshop, Autocad dan 3D serta familiar dengan fotografi.
Lamaran dilakukan dengan mengisi
form lamaran yang terdapat dalam
http://lamaran.lpdb.id selambat-lambatnya 15 hari sejak pengumuman ini.
Lamaran yang telah dikirimkan sebelum dibukanya pendaftaran secara resmi, dianggap tidak berlaku.
Keputusan Panitia Pengadaan Calon Pegawai LPDB-KUMKM bersifat
MUTLAK dan tidak dapat diganggu gugat.
Untuk mengetahui Kami lebih lanjut, dapat mengunjungi website kami,
www.lpdb.id.